oleh -0 views
oleh

 

Siaran Pers

Tim Komunikasi dan Media KTT  Ais Forum 2023 .No 12/SP/TKM-Aisforum2023/10/2023

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Kemkominfo Luncurkan AISPedia

Jakarta, malukubaru.nesw- com-  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan buku saku elektronik yang berisikan informasi dan konten dari gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States Forum (AIS Forum).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Usman Kansong mengatakan bahwa buku elektronik yang dinamakan AISPedia dapat diakses pada tautan https://s.id/aispedia.

AISPedia merupakan kelanjutan kerja-kerja komunikasi publik yang menjadi tanggung jawab Kemkominfo. Sebelumnya, Kemkominfo meluncurkan G20Pedia dan ASEANPedia dalam rangka Keketuaan Indonesia di forum G20 tahun 2022 dan ASEAN pada 2023.

Sedikit berbeda, dalam KTT AIS Forum 2023, Indonesia sebagai inisiator bagi bertemu dan duduk bersama negara-negara partisipan AIS Forum untuk membahas isu-isu kelautan global.

“KTT AIS Forum 2023 juga harus kita gaungkan secara luas agar masyarakat tahu Indonesia saat ini menjadi inisiator negara-negara pulau dan kepulauan bertemu dan membahas berbagai isu penting. Untuk memperkuat penyebarluasan informasi dan apa manfaatnya bagi bangsa dan masyarakat, maka kami hadirkan AISPedia ini,” ujar Usman, Senin (3/10/2023) di Jakarta.

AISPedia dikatakan Usman menjaga tradisi Kemkominfo untuk menghadirkan informasi, data, dan konten-konten lainnya secara lengkap, cepat, kredibel, dan terkini.

“Namun yang tidak kalah penting buku elektronik ini harus menjadi pemicu masyarakat terlibat dan mengambil peran dalam setiap gelaran forum internasional dimana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Minimal memberikan dukungan sikapnya sehingga gelaran berlangsung sukses dan membanggakan,“ ujar Usman.

AISPedia menjadi dokumen hidup informasi dan data KTT AIS Forum 2023, karena terus diperbarui oleh Tim Komunikasi dan Media sesuai dinamika pelaksanaan agenda setiap kegiatannya. Informasinya disajikan dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

AISPedia berisikan konten berita, foto, Infografis, dan videografis berbagai hal terkait pertemuan-pertemuan, juga sisi-sisi lain gelaran internasional negara-negara pulau dan kepulauan tersebut.

Usman Kansong pun berharap https://s.id/aispedia tidak hanya menjadi sumber informasi bagi masyarakat, tapi turut menjadi rujukan bagi media massa dalam mencari informasi terkait rangkaian kegiatan KTT AIS Forum 2023.

“Informasi di dalam AISPedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan,” ungkap Usman.

KTT AIS Forum akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 10–11 Oktober 2023 dan akan mengusung tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama”.

Indonesia menginisiasi pertemuan karena melihat adanya permasalahan bersama yang dihadapi negara-negara pulau dan kepulauan, sehingga perlu kerja sama dan kolaborasi.

Kolaborasi AIS Forum akan menguntungkan semua negara partisipan, termasuk Indonesia, melalui antara lain peningkatan komunikasi, berbagi pengalaman, percepatan penyelesaian masalah-masalah pembangunan melalui penyatuan pandangan terkait isu-isu kelautan.

AIS Forum pun akan mendorong peningkatan hubungan antara Indonesia dengan negara-negara pulau dan kepulauan lainnya. Sebagai tuan rumah, Indonesia akan mendorong dan fokus pada tiga aspek, yakni pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan. (TR/Elvira Inda Sari)
*****

*Tentang AIS Forum:*
Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
*Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo* – Usman Kansong (0816785320).

Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.