AKABRI 90 Gelar Pengobatan Gratis dan Bagikan Ribuan Paket Sembako, Kapolda: Wujud Kehadiran Negara untuk Masyarakat

oleh -0 views
oleh

Malteng.nusainanews.com –  AKABRI angkatan tahun 1990 menggelar kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan yang puncaknya bertempat di pantai pasir panjang, negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (28/10/2023).

Ribuan orang warga dari lima desa yang ada di Kecamatan Leihitu Barat memadati kegiatan pengobatan massal gratis dan penyaluran bantuan sosial berupa sembako dan paket belajar sejak pagi tadi.

Kegiatan baksos dan bakkes yang dilakukan merupakan wujud rasa syukur atas pengabdian almuni AKABRI 90 selama kurang lebih 33 tahun.

Kegiatan itu dihadiri Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Rudi Marfianto, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Kabinda Maluku, Danguspurla, Danrem 151/Binaiya, Kabakamla Zona Maritim Timur para pejabat utama TNI, Polri dan Para Raja serta Tokoh Masyarakat Leihitu Barat.

Wakapolda Maluku selaku ketua pelaksana kegiatan dalam sambutannya yang diwakil oleh Direktur Pam Obvit Polda Maluku Kombes Pol Werdenis Herman, mengatakan, acara yang dilaksanakan hari ini merupakan puncak dari kegiatan bakti sosial maupun bakti kesehatan oleh AKABRI 90 secara serentak di Indonesia.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik moril, maupun materil sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik,” kata Kombes Herman yang juga merupakan alumni AKABRI 90. Selain dia, di Maluku sendiri juga terdapat alumni AKABRI 90 yang menjabat jabatan strategis. Ada Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Kepala BNNP Maluku, Brigjen Pol Rudi Marfianto, dan Kolonel Inf Sahrul Haq.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah membantu, terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir pagi hari ini. Dan semoga AKABRI angkatan 90 dengan jumlah 600 lebih (di Indonesia) bisa terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dalam sambutannya mengaku, sebelumnya juga kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat juga kerap dilakukan oleh setiap angkatan AKABRI.

“Kegiatan ini sebetulnya merupakan representasi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat. Ini dilaksanakan tidak hanya tahun ini sebelumnya ketika saat pandemi covid itu juga dimulai ketika itu dari angkatan 87, 88, karena waktu itu saya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur. Hal seperti ini juga kita lakukan dan saat ini tiba masa angkatan tahun 90 yang melaksanakan bakti sosial ini semata-mata merupakan wujud perhatian kepedulian negara terhadap rakyatnya,” jelasnya.

Bakti sosial maupun bakti kesehatan untuk masyarakat kerap dilakukan oleh setiap angkatan AKABRI. “Karena memang nilai-nilai kepedulian sosial ini memang telah ditanamkan kepada kita sejak pendidikan di semua angkatan. Dan hari ini para alumni AKABRI lulusan tahun 90 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Kapolda pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih para pelajar yang sudah hadir, khususnya kepada tokoh masyarakat negeri Hatu, Liliboy, Allang, Larike dan Wakasihu yang sudah membantu sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para pelajar, khususnya tokoh-tokoh masyarakat karena kegiatan yang dilaksanakan ini tentunya tidak terlepas dari peran warga, juga terima kasih kepada para Raja sekalian yang sudah membantu,” ucapnya.

Di sisi lain, aksi sosial yang dilaksanakan ini juga merupakan wujud dari kegiatan kegembiraan bagi semua elemen masyarakat terkait, termasuk TNI dan Polri. Di sini semua terlihat senang, bersuka cita. Seluruh masyarakat di kecamatan Leihitu Barat tampak bersemangat, bersatupadu, maupun saling berbaur antara satu dengan lainnya.

“Harapan kita dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, semangat menerima perbedaan, semangat persaudaraan, semangat perdamaian untuk mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” harapnya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pengobatan massal yang dilaksanakan diikuti oleh kurang lebih 500 orang, termasuk anak-anak pelajar Sekolah Dasar. Sementara pembagian sembako disalurkan kepada kurang lebih 1.200 orang.

Pengobatan massal secara gratis yang diberikan yaitu pelayanan stunting, obat cacing dan KB, pengobatan umum, pelayanan golongan darah, pelayanan THT, tensi darah, bedah minor (sunat), dan pengambilan obat gratis.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.