Hadiri Peresmian dan Panas Pela Pj.Walikota Ambon : Warisan Leluhur Terus di Jaga dan Dilestarikan

oleh -0 views
oleh

Ambon.nusainanews.com – Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin M Wattimena.,M.Si menghadiri acara panas pela dan peresmian baileo  yang digelat pemangku Hative Kecil bertempat di negri Hative Kecil  Kamis,27 Juli 2023 di pukul 10.30 WIT.

Penjabat Wakikota Ambon ,disela-sela peresmian yang di wawancarai wartawan  nusainanews.com menyampaikan, terkait agenda tersebut, Panas pela dan peresmian baileo negri adalah bagian dari cara kita untuk terus menjaga warisan leluhur. karena itu panas pela ini tetap dijaga untuk membangun persatuan-persatuan antar seluruh negri -negri yang mengikat diri dalam hubungan pela.”ungkapnya

Menurut Boedewin,peresmian baileo wujud dari kita yang memiliki  simbol-simbol adat dimana ada pemerintahannya, ada baileonya, dan ada peranata-peranata adat lainnya.

“Ini yang mesti kita bangun di seluruh negri-negri adat di kota ambon, supaya bisa menjadi lambang dari eksistensi sebuah negri adat dan itu harus dijaga terus.”tututnya

Dikatakan Boedewin,Panas pela ini kalau bisa dilakukan untuk memupuk rasa persatuan kesatuan demi kemajuan kota Ambon dan Provinsi Maluku.

Selain itu,tambah Boedewin,terkait dengan negri-negri adat di Kota Ambon yang sampai hari ini belum punya raja defenitif.

“Kita pemerintah kota sudah berusaha memfasilitasi, membangun komunikasi, mempertemukan yang berbeda bahkan sampai pada titik-titik dimana kita hampir tiba pada kesepakatan, tetapi ini soal ketulusan hati masyarakat adat yang kami butuhkan, jangan kita lihat siapa yang pimpin tetapi kepemimpinan membawa dampak baik bagi negeri itu yang paling penting.”tandasnya

“Kita pemerintah kota tidak bisa campur ke urusan adat .Karena itu kami biarkan proses itu berjalan sambil  terus melakukan pendampingan dan fasilitasi supaya segera bisa di tetapkan.” tutupnya (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.