Mewujudkan Lingkungan Aman Dan Tertib, Satgas TMMD Ke-120 Kodim 1506/Namlea Berikan Penyuluhan Kamtibmas.

oleh -0 views
oleh

Nusainanews.Com.Namlea, – Telah dilaksanakan Penyuluhan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sebagai bagian dari kegiatan Sasaran Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 1506/Namlea,
Bertempat di Balai Desa Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru
Minggu (26/05/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Waeapo, Bripka Sunaryo beserta Pasiter Kodim 1506/Namlea Kapten Inf Idris Leurima, bertindak sebagai narasumber. Penyuluhan ini diikuti oleh berbagai elemen Masyarakat, termasuk Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta warga Desa Waenetat.

Bripka Sunaryo menyampaikan pentingnya peran serta Masyarakat dalam Pembangunan bidang Kamtibmas. Menurutnya , keamanan adalah hak dasar yang harus dimiliki dan dirasakan oleh seluruh Masyarakat. “ Keamanan merupakan hak hakiki yang mendasar, dan itu harus dirasakan oleh semua Masyarakat, “ tegas Bripka Sunaryo.

Bripka Sunaryo menekankan bahwa terwujudnya keamanan dan ketertiban Masyarakat tidak terlepas dari peran serta aktif Masyarakat yang dikoordinir oleh tokoh-tokoh setempat. “ Rasa Aman tidak bisa diciptakan oleh TNI-Polri saja, tetapi keamanan terwujud dari kesadaran Masyarakat sendiri, “ ujarnya.

Ia juga menyoroti bahwa salah satu Upaya untuk menciptakan keamanan di Masyarakat, khususnya di Pulau Buru, adalah dengan dibentuknya Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Terpadu Yang Berbasis Desa Adat). Sipandu Beradat ini merupakan system keamanan yang melibatkan seluruh elemen Masyarakat adat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan mereka.

Dalam penyuluhan tersebut, Bripka Sunaryo juga membahas tentang pentingnya pengawasan terhadap tindak Bahaya penyalahgunaan Obat-obatan Terlarang Seperti Bahaya Narkoba yang selama ini Rawan menyerang terhadap anak-anak Muda Bangsa, karena hal itu dapat membahayakan nyawa dan Kesehatan mereka.

Bripka Sunaryo juga menegaskan bahwa Kamtibmas yang bisa terbangun dan dirasakan oleh Masyarakat adalah hasil dari Kerjasama semua lapisan Masyarakat dan pemerintah, termasuk TNI dan Polri. “Kamtibmas bisa terbangun dan dirasakan oleh Masyarakat adalah berkat Kerjasama dari semua lapisan Masyarakat dan pemerintah yang di dalamnya itu termasuk TNI Polri,” ungkapnya.

Penyuluhan Kamtibmas ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari Masyarakat Waenetat. Partisipasi aktif dari Todat, Tomas, dan Toga menunujukan komitmen yang kuat dari Masyarakat setempat untuk mendukung Upaya peningkatan keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Bapak Sunardi menyampaikan apresiasinya terhadap penyuluhan ini. “Kami sangat mengapresisasi kegiatan penyuluhan ini karena memberikan pengetahuan dan wawasan terbaru kepada Masyarakat tentang pentingnya peran serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” Ujar Sunardi.

Dansatgas TMMD Ke-120 Kodim 1506/Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujiyanto, S.I.P.,M.Han. dalam keterangannya mengatakan dengan adanya penyuluhan kamtibmas ini, diharapkan Masyarakat Waenetat, semakin memahami pentingnya peran aktif mereka dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib.

“Kegiatan TMMD Ke-120 Kodim 1506/Namlea yang mencakup sasaran non fisik seperti penyuluhan ini, menunjukan bahwa Pembangunan tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan kualitas hidup Masyarakat melalui pemahaman dan kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban.” Ujar Dansatgas.

Letkol Arh Agus Nur Fujiyanto, S.I.P.,M.Han. menambahkan bahwa penyuluhan Kamtibmas ini merupakan bagian dari Upaya berkelanjutan TNI-Polri dan pemerintah daerah dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Waenetat. Dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”, kegiatan ini menegaskan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan Kondusif bagi Pembangunan yang berkelanjutan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Masyarakat dapat lebih berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka, serta mendukung Upaya pemerintah dalam mempercepat Pembangunan di wilayah Waenetat. (Ferdi)(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.