Surprise hingga Launching Basudara Pattimura Mewarnai Rangkaian Kegiatan Kodam

oleh -0 views
oleh

Ambon.nusainanews.com – Pada pelaksanaan upacara 17an hari Senin (18/9/2023) di Makodam XVI/Pattimura, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh personil Makodam baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS.

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan beberapa hal terkait bidang perencanaan, program kerja anggaran, Intelijen, Logistik, Personil dan Teritorial. Pangdam mengajak kepada seluruh prajurit untuk selalu semangat dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan motto Kodam XVI/Pattimura yaitu “Lawamena Haulala Maju Terus Pantang Mundur”.

“Mari kita, untuk selalu bekerja dengan cepat, cerdas dan ikhlas dengan hati dalam mengabdi kepada NKRI yang sangat kita cintai”, tutur Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam menekankan kepada para Prajurit dan PNS untuk menghindari dan stop melakukan pelanggaran sekecil apapun. Karena pelanggaran dapat merugikan bukan hanya pribadi tetapi juga keluarga, Satuan bahkan citra TNI AD.

Usai pelaksanaan upacara, Pangdam dikejutkan dengan suprise yang diberikan oleh prajurit dan Keluarga Besar Kodam XVI/Pattimura. Bukan hanya Keluarga Besar Kodam XVI/Pattimura saja yang memberikan kejutan ulang tahun, namun, tidak ketinggalan sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Maluku, hingga Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial beserta jajaran, juga turut hadir memberikan ucapan selamat ulang Tahun Pangdam XVI/Pattimura yang ke 56.

Kejutan ulang tahun tersebut berupa, lagu “Selamat Ulang Tahun” yang dinyanyikan dan diiringi oleh tepuk tangan para prajurit dan pejabat Forkopimda Maluku yang hadir saat itu dan bentangan banner ucapan selamat ulang tahun Pangdam, serta pemberian kue ulang tahun.

Kemudian, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan, Kodam menggelar pertemuan yang dikemas dalam kegiatan Coffee Morning bersama komponen masyarakat, di Lobby Makodam XVI/Pattimura. Forkopimda serta komponen masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Gubernur Maluku, Sekda Maluku, Kapolda Maluku, Kajati Maluku, Kepala Pengadilan Tinggi Provinsi Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Maluku, Dosen IAIN Ambon, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura, Wakabinda Maluku dan PJU TNI/Polri serta Keluarga Besar TNI, Instansi Vertikal, Partai Politik, Ketua Suku, dan beberapa Wartawan Wilayah Provinsi Maluku.

Dalam coffee morning ini, Pangdam menyampaikan, temu santai seperti ini merupakan sarana komunikasi, sharing informasi, saling bertukar pikiran untuk meningkatkan interaksi sehingga dapat saling mengenal, memupuk tali silaturahmi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih dekat dan akrab.

Selain itu, Pangdam menyampaikan satu hal yang perlu menjadi perhatian bersama adalah masuknya tahapan Pemilu tahun 2024. Situasi di tahun politik tentu berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman dan kerawanan yang disebabkan oleh perbedaan pandangan politik di tengah masyarakat. Di tengah situasi politik saat ini, perlu diwaspadai adanya berita-berita hoax yang beredar di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga Pemilu mendatang tetap aman dan kondusif “Kodam XVI/Pattimura akan berupaya sekuat tenaga untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu yang damai, jujur dan adil. Kami berkomitmen dan senantiasa menjunjung tinggi netralitas TNI dalam Pemilu 2024 mendatang”, tegas Pangdam.

Dalam kesempatan ini juga, Pangdam melaunching program unggulan Kodam XVI/Pattimura yaitu “Basudara Pattimura”. Program ini merupakan program yang di gagas Pangdam XVI/Pattimura yang menitikberatkan pada persaudaraan hidup orang basudara, sebagaimana ungkapan orang Maluku “Potong di Kuku Rasa di Daging, Ale Rasa Beta Rasa, Sagu Salempeng dibagi Dua”. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.