Mualaf Center Maluku, Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1445 H Tahun 2023

oleh -2 views
oleh

Ambon.Nusainanews.com-Dalam rangka memperingati Kelahiran Nabi Besar Muhamad SAW, Mualaf Center Maluku (Muacemal) menggelar perayaan Maulid Nabi 1445 H, 2023 M dengan tema, Spirit Maulid Nabi SAW Meretas Kesenjangan Sosial Merawat Persaudaraan, yang bertempat di Gedung Ashari Alfatah, Ambon Sabtu 14/10/2023.

Hadir dalam acara tersebut, Pejabat dari Kanwil Kemenag, Maluku, H. Abdul Karim Rahantan, S.Ag., M.H, Anggota DPRD Provinsi Maluku, Rostina Hasyim, S.Sos, Kepala Seksi Bimas Islam Hj Saraju Kilrey S.Ag, Imam Besar Masjid Raya Alfatah Hj Sanusi, Ustadz Didin Baharuddin, Perwakilan MT Sekota Ambon, Para penyuluh Non PNS.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, yang dibacakan Abdul Karim Rahantan menyampaikan bahwa,
Saya bersyukur dan menyambut baik acara peringatan Maulid yang dilaksanakan Mualaf Center Maluku malam ini, dimana Mualaf Center dan Quran rumah tahfiz Baileo center sudah banyak berkiprah dengan berbagai program-program yang dijalankan di Maluku salah satunya adalah Pemberdayaan Muslimah Mualaf Center.

Malam ini adalah bagian dari program Mualaf center yang ditampilkan melalui peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Bagian dari kecintaan kepada utusan Allah pembawa rahmat bagi manusia dan alam semesta.

Menurutnya, dari sekian ragam peristiwa Maulid ini, bukan saja memiliki makna memorial akan kelahiran Rasulullah SAW, melainkan juga memiliki makna kontekstual yang menjadi kekuatan yang merevitalisasi dan mampu mendorong semangat umat islam dalam berbenah, utamanya dalam menyemangati umat islam untuk mengukir sejarahnya pada masa kini dan masa yang akan datang.

Semangat Maulid akan menjadi modal untuk mengembalikan kegairahan melahirkan pribadi-pribadi islam yang kuat dan taat, ungkap Kakanwil.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa, peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW dan segala sikap akhlak, tindakan dan perjalanan nabi itu sudah menjadi ketentuan Allah SWT dan sesuatu yang terjadi dan terwujud adalah menurut kehendak Allah SWT semata.

Oleh karena itu melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H/2023 M, mari kita jadikan keteladanan ahklak nabi sebagai spirit meretas kesenjangan sosial dan terus merawat dan terus merawatnya kerukunan umat beragama, khususnya dibumi Raja-raja Al-Mulk Maluku tercinta, harap kakanwil.

Disebutkan Kakanwil, kita adalah kumpulan Ummat Heterogen yang telah diciptakan Allah dalam berbagai perbedaan. Sikap saling menghargai, menghormati, menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan adalah bagian daripada wujud ajaran yang dibawa oleh baginda nabi muhammad SAW.

Berbagai ragam nilai dalam hidup ini telah dicontohkan baginda Nabi SAW kepada umatNya, termasuk nilai kepedulian terhadap sesama, meretas kesenjangan sosial, dan terus membangun solidaritas sesama dan kemanusiaan, ungkapnya.

Mari kita terus memotivasi diri dalam melaksanakan ajaran agama sehingga mampu mengaktualisaaikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
Juga memotivasi kita agar dapat berakhlaq dan berfikir kritis, cerdas dan rasional agar tidak terjebak dalam fanatisme sempit dan hanya mementingkan kelompok dan golongannya sendiri, harap kakanwil.

Ditambahkan juga, semoga dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M yang dilaksanakan ini dapat mengarahkan kita untuk menjadi yang lebih baik, terutama bagi pengurus Mualaf Center untuk terus Beristiqomah membangun solidaritas dan berusaha terus mempelajari dan membentengi diri dengan ajaran-ajaran islam yang kaffah.

Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua. Terimakasih atas kehadiran dan partisipasi kita semua sehingga acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini yang dilaksanakan oleh Mualaf Center Provinsi Maluku dapat terlaksana dengan baik, tutup Kakanwil Kemenag(HR)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.