Pangdam Pattimura Kunjungi Koramil Gebe dan Kegiatan Baksos Kepada Warga Suku Togutil

oleh -1 views
oleh

Ambon.nusainanews.com- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial dan beberapa Pejabat utama Kodam XVI/Pattimura, mengunjungi Koramil 1512-03/Gebe, Kecamatan Pulau Gebe Kab. Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara, Minggu (15/10/2023).

Dalam arahannya Pangdam mengatakan, kunjungan kerja yang dilaksanakan di wilayah Provinsi Maluku Utara secara langsung, agar dapat mengetahui kondisi Satuan dijajaran yang menjadi tanggung jawab sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

Pangdam juga menjelaskan Program unggulan Kodam XVI/Pattimura saat ini, yaitu “Basudara Pattimura” yang mana program tersebut merupakan program dalam rangka menjaga persaudaraan sesuai dengan adat istiadat orang Maluku yaitu Pela Gandong semangat kebersamaan, tidak ada lagi perang saudara perkelahian dan lain-lain.

Lanjut dikatakan, sebagai satuan teritorial yakni tugas pokok kewilayahan, Pangdam berpesan agar personil Koramil harus baik-baik dengan masyarakat serta Pedomani Santiaji, karena keberadaan kita untuk membantu masyarakat. Dengan adanya Tentara dapat membantu kesulitan rakyat, menjadikan TNI disukai oleh masyarakat.

Pangdam juga mengingatkan bagi personil yang ingin meningkatkan karir atau alih golongan, agar disiapkan dari sekarang baik dari fisik, kesehatan dan akademik. Begitu pula bagi keluarga yang ingin mendaftar menjadi prajurit TNI agar disiapkan dengan baik.

Kepada anggota Persit, Pangdam menekankan Persit agar membantu tugas suami, Persit tidak boleh semena-mena terhadap bawahan, jangan mentang-mentang suami pangkat lebih tinggi main suruh anggota, ingat bahwa Persit adalah Sipil bukan Prajurit.

Tidak kalah penting Pangdam mengingatkan tentang penggunaan Medsos, harus lebih berhati-hati dan cerdas jangan gunakan untuk kegiatan menyebar fitnah dan ujaran kebencian. Informasi yang diterima agar dicek terlebih dahulu apakah berita nyata atau Hoax.

Menutup sambutannya, Pangdam menekankan dengan tegas perihal netralitas TNI. “Perlu saya ingatkan bahwa, ini merupakan Tahun Pemilu agar menjaga Netralitas TNI dan sudah memasuki tahapan Penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden, maraknya berita Hoax serta semakin banyak riak politik, kita tidak boleh berkepentingan dalam Politik, melaksanakan perintah sesuai dengan Konstitusi implementasinya tidak boleh memihak, atau mendukung para calon”, tegas Pangdam.

Usai mengunjungi Koramil 1512-3/Gebe, Pangdam beserta rombongan bertolak menuju Kabupaten Halmahera Timur, untuk meninjau pelaksanaan bakti sosial pelayanan kesehatan dan pembagian sembako kepada warga Suku Togutil (Suku Tobelo Dalam) yang di gelar kodim 1505/Tidore bekerja sama dengan PT. Horas dan Puskesmas Perawatan Buli, bertempat di Dusun Semean Desa, Kelurahan Baburino, Kecamatan Maba. Disini Pangdam turut memberikan tali asih kepada beberapa warga yang berobat.

Selanjutnya Pangdam dan rombongan menuju PT. Antam TBK untuk bersilaturahmi dengan staf PT. Antam TBK, kemudian meninjau lokasi Smelter PT. Antam TBK yang bertempat di Desa Mabapura, Kecamatan Kota Maba, Kab. Haltim.

Halima Rehatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.