Nita Sadali Lantik Pj Ketua TP PKK Kabupaten BURU, SBB Dan KOTA AMBON

oleh -0 views
oleh

Ambon, Nusainanews.com – Bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu, 29 Mei 2024, telah dilaksanakan pelantikan Penjabat (PJ) Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) dan Penjabat Pembina Posyandu untuk tiga wilayah di Maluku, yaitu Kabupaten Buru, Kota Ambon, dan Kabupaten Seram Bagian Barat., oleh Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku Nita Sadali.

Pelantikan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 01/KEP/PKK.PROMAL/V/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kota Ambon.

Pada kesempatan itu Nita Sadali berkesempatan melantik Marhamah Baharessa Hidayat sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Buru, Anita Lating Ely sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Maryos Dessy Kaya sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kota Ambon.

Bersamaan dengan pelantikan PJ Ketua TP PKK, acara ini juga dirangkai dengan pelantikan Penjabat Pembina Posyandu untuk wilayah yang sama dan tertuang dalam Surat Keputusan Nomor : 02/KEP/POSYANDU.PROMAL/V/2024.

Hadir pada kesempatan itu Penjabat Guberur Maluku Ir. Sadali Ie,M.Si., IPU, Penjabat Bupati Buru, Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Penjabat Walikota Ambon, Plh Sekretaris Daerah Maluku dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, para Sekda beserta Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Buru, SBB dan Kota Ambon, Pimpinan Organisasi Wanita, serta Pimpinan Lembaga Mitra Kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku.

Melalui sambutannya, Nita Sadali menjelaskan PKK dan Posyandu adalah salah satu lembaga kemasyarakatan desa sesuai dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Masyarakat Desa dan Lembaga Adat yang mempunyai peranan penting sebagai Mitra Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam Masa Bakti yang cukup singkat ini ada peran stategis yang perlu dilakukan oleh Ibu-Ibu selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Daerah dan untuk Posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan desa sangat diharapkan Partisipasi, Kerja sama serta tindakan nyata dari Ibu-ibu selaku Penjabat Pembina,” tegasnya.

Lebih Lanjut, Nita mengingatkan bahwa Program PKK dan Pelayanan Posyandu harus Terencana, Visioner, Inovativ dan Inklusif dalam Program Prioritas Pemerintah Daerah, seperti Upaya Penurunan Angka Stunting, Pelayanan Sosial Dasar (Kesehatan dan Pendidikan).

Sebelum mengakhiri sambutannya, Nita Sadali atas Nama PJ Ketua TP PKK dan Anggota mengucapkan selamat kepada Widya Pratiwi Murad atas penghargaan yang diberikan TP PKK Pusat atas dedikasi dan kerja ikhlas selama menjadi ketua PKK Provinsi Maluku.

Sementara itu di tempat yang sama Penjabat Gubernur Maluku menjelaskan bahwa, PKK memiliki peran yang sangat penting dalam penggerakan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan, begitupun posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya Promotive dan Preventif kepada masyarakat utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta peningkatan kesehatan ibu dan anak.

“Saya berharap para ketua dan pengurus PKK dapat terus melakukan terobosan-terobosan inovatif yang mampu menumbuhkan spirit baru, sehingga PKK Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota menjadi organisasi yang makin dewasa dan mampu melihat jauh ke depan, serta terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya anggota PKK dan masyarakat di daerah ini,” harap Sadali.

Sadali menegaskan, TP-PKK maupun Posyandu hendaknya mampu dan terus menjadi Garda Terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas baik dalam aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, moral, dan lingkungan hidup dengan menyukseskan implementasi 10 program pokok PKK dan maksimalkan pemberdayaan keluarga hingga ke tingkat dasa wisma.

“Saya minta agar Penjabat Ketua beserta seluruh jajaran PKK segera mengambil langkah-langkah terencana, visionel, inovatif, dan inklusif,” tegasnya.

Ketua TP PKK juga harap Sadali, dapat menginspirasi dan memotivasi anggota serta masyarakat luas, untuk terlibat aktif dalam program-program PKK dan ikut serta dalam membangun keluarga yang sejahtera.

“Saya optimis, dengan langkah beriringan antara organisasi kemasyarakatan, pemerintah, serta berbagai elemen masyarakat, maka akan tercipta masyarakat yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” tukas Sadali.

Menutup sambutannya Sadali menyampaikan selamat bekerja kepada Marhamah Syarif Hidayat, Anita Jais Ely dan Maryos Dessy Dominggus Kaya atas amanah yang diterima, semoga pelantikan hari ini dapat menambah semangat saudara-saudara dalam membangun bangsa, melalui pemberdayaan keluarga dan pembangunan sumber daya manusia.

Prosesi Pelantikan ini diakhiri dengan acara foto bersama Penjabat Gubernur Maluku dan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.