Pemkot Ambon Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat

oleh -0 views
oleh

Ambon, Nusainanews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Kota Ambon dengan Lahan seluas 1435 meter persegi yang semula di tempati oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, kini digunakan untuk membangun gedung layanan perpustakaan.

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Pemerintah Kota Ambon yang di laksanakan bertempat di Jln, Ina Tuni No. 63 Kel.Amantelu Kec. Sirimau, pada Selasa (21/5/24) sekitar pukul 08:30 WIT ini, diresmikan oleh Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, di tandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, Memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas alokasi dana khusus untuk membangun gedung layanan perpustakaan Kota Ambon. Beliau menekankan pentingnya layanan perpustakaan sebagai instrumen untuk meningkatkan minat baca di wilayah Kota Ambon.

Pembangunan Gedung Layanan Pemerintah Kota Ambon didukung oleh dana alokasi khusus dari Perpustakaan Nasional RI tahun 2022 sebesar 10 miliar rupiah. Selain itu, terdapat juga dana pendamping dari APBD Kota Ambon yang di anggarkan dan di tangani langsung oleh Dinas PUPR.

Proses pembangunan di lakukan oleh CV. Hulung Raya dengan nilai kontrak sebesar 9 miliar 299.657.000. Pembangunan diawasi oleh konsultan pengawas CV Pesona Konsultan selama 246 hari kalender. Meskipun mengalami kendala awal akibat kondisi tanah dan curah hujan tinggi, pembangunan gedung layanan perpustakaan berhasil diselesaikan.

“Gedung Layanan Perpustakaan Kota Ambon dibangun dengan visi besar untuk mendukung generasi muda dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045, bahkan Pemerintah Kota Ambon telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas generasi muda literasi dan membaca,” Ungkap Bodewin

Pemerintah Kota Ambon melalui APBD Kota Ambon juga telah mengalokasikan dana untuk pengadaan sarana penunjang gedung, termasuk pembuatan pagar pengaman. Namun, untuk memanfaatkan gedung layanan perpustakaan secara optimal, diperlukan tambahan pengadaan buku, peralatan TIK, dan perlengkapan lainnya.

Pemanfaatan gedung layanan perpustakaan ini difokuskan pada pengembangan masyarakat, dimana perpustakaan di jadikan pusat kegiatan masyarakat seperti promosi minat baca, pelatihan ketrampilan dan diskusi.

Gedung ini di harapkan menjadi ikon baru yang tidak hanya visual, menarik tetapi juga berfungsi sesuai dengan tujuan pembangunan.

Selain itu, Pemerintah Kota Ambon juga terus melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan literasi masyarakat, termasuk yang terkait dengan inklusi keuangan. Literasi di harapkan dapat memotivasi perkembangan yang lebih baik di masa depan dan mendorong inovasi serta kemajuan bagi Kota Ambon.

Turut hadir dalam Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Kota Ambon Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon, Forkopimda Kota Ambon, Kepala Perpustakaan RI yang di wakili oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan-perpustakaan RI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan Provinsi Maluku, dan Tim Duta Baca dari Perpustakaan RI. (Alda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.