Jenaza Alm.Jamaludin Maulana Rolobessy Tiba Di Ambon Maluku 

oleh -0 views
oleh

Ambon.nusainanews.com  – Setelah melalui berbagai proses administrasi dan teknis lainnya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow semenjak Almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy meninggal pada Senin, 26 Juni 2023, serta berdasarkan arahan Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, kepada Sekda Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si, IPU untuk mengambil Langkah cepat pemulangan almarhum, maka jenazah tiba di Ambon pada hari ini, Jumat (7/7/2023).

Sebelumnya, jenazah almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy, tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis, 6 Juli 2023, pukul 22.15 WIB menggunakan Pesawat Emirates Airways EK-358 yang selanjutnya dilakukan serah terima dari pihak Kementerian Luar Negeri kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang diwakili oleh Saiful Indra Patta Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku berdasarkan Berita Acara Serah Terima dari Kementerian Luar Negeri RI Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler No. BA/01388/PK.06/2023/66.

Dan pada hari ini, Jumat, 7 Juli 2023 pukul 09.30 WIB Jenazah diberangkatkan dari Jakarta ke Ambon dengan menggunakan pesawat Garuda GA-646 yang tiba di Bandara Pattimura Ambon sekitar pukul 15.44 WIT. Sedangkan untuk biaya pemulangan jenazah serta biaya tiket 2 orang keluarga selaku pendamping (orang tua dan paman) ke Ambon ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Maluku sesuai arahan Gubernur Maluku.

Untuk diketahui hadir dalam Serah Terima Jenazah Almarhum dari Pemerintah Daerah Provinsi Maluku kepada Keluarga yakni, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan dr. Zulkarnaini,MS.Sp, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku Drs. Titus F.L Renwarin, M.Si, Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Tial Hairudin Tuarita, pihak keluarga dan unsur berkpentingan lainnya.

Zulkarnaini pada kesempatan itu atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Gubernur Maluku dan Keluarga, serta Sekretaris Daerah Maluku mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya salah satu putra terbaik Maluku yang sedang berkuliah di Rusia.

“Kami turut berbelasungkawa sekaligus pada kesempatan ini turut, menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga untuk melaksanakan pemakaman.” Ujar Zulkarnain.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kasatpol PP, yang bertanggungjawab dalam penjemputan dan penyerahan jenazah.

“Saya dan Bapak Staf Ahli Gubernur, mewakili Gubernur dan Istri, serta Sekda dan Istri, menyatakan turut berbelasungkawa sekaligus merasa kehilangan atas kepergian almarhum yang sementara studi di Moskow, kiranya keluarga diberikan ketabahan, dan kami akan berusaha melayani yang terbaik kepada pihak keluarga sampai perjalanan jenazah ke Negeri Tial.” Tambahnya.

Di tempat yang sama juga, selaku Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Tial, Tuarita, turut menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang telah memfasilitasi dan berkoordinasi dengan pihak keluarga, baik dari jenazah masih di Rusia, dan kepada KBRI yang berkoordinasi dengan kemenlu sehingga proses pemulangan jenazah dapat dilakukan.

“Kami juga menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak Provinsi Maluku dan menerima dengan baik yang dilakukan oleh pemprov termasuk proses penyerahan jenazah dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada pihak keluarga yang dilakukan hari ini.” Ungkap Tuarita.

Mewakili pihak keluarga, Paman Almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy, Mohd. Djafar Polpoke, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Luar Negeri RI dan Pemerintah Daerah Maluku yang sudah membantu pemulangan jenazah anak kami, dan terima kasih juga kepada Gubernur Maluku Murad Ismail yang telah membantu untuk memfasilitasi pemulangan jenazah.

Sebagai informasi Almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy tenggelam di Sungai Volga, kota Volgograd (970 Km dari Moskow) pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023. Kejadian tersebut dilaporkan sekitar pukul 15:30 waktu Moskow (19.30 WIB) oleh perwakilan mahasiswa Indonesia kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow.

Almarhum adalah mahasiswa S1 Hubungan Internasional, Volgograd State, anak dari pasangan bapak Hairun Nasir dan Ibu Nurhidaya Tehumatena, yang berdomisili di Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.